PDSI Gerakkan Posyandu Balita dan Lansia Binaan di Kelurahan Palmeriam, Jakarta Timur

Jakarta, MinergyNews–  Ada yang menarik dalam Lokakarya Posyandu PDSI kali ini. Biasanya para balita yang digendong ibunya yang meramaikan Posyandu Melati I Palmeriam Jakarta Timur. Namun kali ini juga dihadiri oleh lansia (lanjut usia) warga Palmeriam. Palmeriam merupakan wilayah Ring-1 di sekitar Kantor Pusat PDSI.

Menurut Ketua LMK yang merupakan Kader Posyandu Melati I Iklima Aisyah, sejak dibina PDSI, setidaknya ada 75% lansia dan 87% balita hadir pada setiap kegiatan posyandu dilangsungkan, di mana sebelumnya masyarakat sekitar posyandu belum begitu antusias mengikuti program-programnya.

Ketua RW 04 Agus Alfian menambahkan keterangan Ketua LMK. “Kini kegiatan kami tidak hanya bagi posyandu balita, namun juga kegiatan lansia seperti senam lansia, penyuluhan kesehatan dan pengobatan, kebun gizi, PAUD dan sebagainya,”ujarnya dalam laporannya kepada peserta Lokakarya Posyandu Melati I yang merupakan gelar akhir program Posyandu PDSI periode tahun 2016.

Ketua Kader Posyandu Sugianti memaparkan, sejumlah capaian yang telah diraih posyandu ter­sebut, di antaranya  kini para kader merasa lebih percaya diri dengan semakin bertambahnya pengetahuan yang didapat dari narasumber yang rutin mengunjungi Posyandu Melati I. Kebun gizi sebagai penyangga kegiatan posyandu juga telah menampakkan hasilnya melalui tanaman sayur hidroponik yang memanfaatkan pekarangan samping Posyandu tersebut dan hasilnya dapat dimanfaatkan menjadi Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Para kader yang telah mendapat pelatihan juga dapat mempraktikkannya di rumah tangga masing-masing. Sugianti berharap program ini dapat terus berlanjut agar semangat yang telah terbangun tidak menjadi pupus.

Sementara itu, Public Relations Ast. Manager PDSI Budhi Kristianto mengharapkan manfaat pendampingan yang telah dilakukan PDSI selama ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan ke arah kemandirian. “Pembinaan yang dilakukan PDSI melalui advokasi dan edukasi kader menjadi modal bagi  kontinuitas kegiatan. Karena pemberdayaan posyandu ini akan sangat membantu masyarakat untuk dengan mudah memperoleh akses informasi dan layanan kesehatan dasar, terutama dalam hal tumbuh kembang anak.  Tentunya ini juga membantu Pemerintah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia,” ujarnya seperti yang dikutip dari situs resmi Pertamina.

Perwakilan Kecamatan Matraman menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh PDSI di kawasannya. Ia berharap, perhatian, pemberian dan pendampingan nyata CSR  PDSI bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar Kecamatan Matraman dapat terus ditingkatkan dan disebar ke kelurahan lainnya.   (us)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *