Batan-Sang Hyang Seri Teken MoU Pemanfaatan Nuklir untuk Varietas Padi Unggulan

Jakarta, MinergyNews– Hingga saat ini Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) terus berkembang. Untuk itu, pada hari ini, Selasa (31/10), Batan dan PT Sang Hyang Seri (Persero) melakukan penandatangan nota kesepahaman
Pemanfaatan Teknologi Nuklir Bidang Pertanian Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional bertempat di Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK), Batan, Pasar Jumat, Jakarta.

Deputi pendayagunaan teknologi nuklir Batan, Hendig Winarno mengungkapkan, kerjasama dengan SHS ini akan terus ditindaklanjuti. Dan varietas yang sedang sedang dikembangkan adalah varietas Tropis.

” Varietas Tropis memiliki sifat-sifat yang lebih unggul dari varietas Sidenuk, karena tujuan pengembangan varietas padi ini memang untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada varietas Sidenuk, ” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Dirut PT Sang Hyang Seri (Persero), Saiful Bahri menambahkan, MoU ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi, sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu penuh sudah melakukan kerjasama dengan Batan, produknya seperti Pandan Putri, Sidenok dan Mira, “Varietas semua Itu sudah tereksekusi dengan baik, “cetusnya.

Hendig, varietas varietas padi tropis, antara lain lebih tahan terhadap serangan hama dan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Menurut dia, upaya pengembangan varietas padi dengan memanfaatkan radioaktif sudah dilakukan sejak tahun 1982. Dengan memanfaatkan radiasi nuklir, varietas padi yang tadinya biasa saja, dikembangkan menjadi padi unggul.

Meski menggunakan teknologi nuklir, Hendig mengungkapkan, beras yang dihasilkan dari padi yang dikembangkan dari teknologi ini tidak akan membahayakan manusia yang mengonsumsinya.

” Tidak ada masalah. Saat rekayasa dilakukan, radiasi yang digunakan juga sangat rendah. Sumber radiasi itu tidak ada lagi setelahnya beras, jadi beras hasil teknologi nuklir sangat aman untuk dikonsumsi, ” tuturnya.

Sementara itu, lanjutnya, nuklir yang diterapkan pada pengembangan varietas padi, tentu akan memberi keuntungan bagi para petani. Hal ini karena yang dipasarkan atau dikembangkan, adalah padi yang memiliki sifat unggul.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *